Rabu, 08 Februari 2012

sekilas tentang multimedia

Sekilas Tentang Multimedia

Banyak orang telah mendengar tentang multimedia, Tapi apakah sebenarnya pengertian dari multimedia itu sendiri. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam multimedia yang baik adalah :
a. Pengoperasian yang mudah dan familiar
b. Mudah untuk install ke computer yang akan digunakanan
c. Media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif
d. Sistem pembejaran yang mandiri artinya siswa dapat belajar dengan mandiri baik disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan dari guru.
e. Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.
Berdasarkan kegunaannya multimedia pembelajaran ada 2 macam yaitu:
a. Multimedia presentasi pembelajaran .
Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.
b. Multimedia pembelajaran mandiri.
Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan imajinasi dan ilmu pengetahuan, fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

Film Dokumenter

Dokumenter sering dianggap sebagai rekaman dari ‘aktualitas’ potongan rekaman sewaktu kejadian sebenarnya berlangsung, saat orang yang terlibat di dalamnya berbicara, kehidupan nyata seperti apa adanya, spontan, dan tanpa media perantara. Walaupun kadang menjadi bahan ramuan utama dalam pembuatan dokumenter, unsur-unsur itu jarang menjadi bagian dari keseluruhan film dokumenter itu sendiri, karena semua bahan tersebut harus diatur, diolah kembali, dan ditata struktur penyajiannya. Terkadang, bahkan dalam pengambilan gambar sebelumnya, berbagai pilihan harus diambil oleh para pembuat film dokumenter untuk menentukan sudut pandang, ukuran shot, pencahayaan, dan lain-lain, agar dapat mencapai hasil akhir yang mereka inginkan.

Dalam pembuatan Film Dokumenter kita terlebih dahulu harus membuat proposalnya dulu. Berikut contoh kerangka proposal Film dokumenter:
1. PENDAHULUAN
2. BENTUK, SUSUNAN, WAKTU, DAN KEGIATAN
3. TUJUAN
4. TARGET
5. SASARAN
6. ANGGOTA PELAKSANA
7. ANGGARAN DANA
8. PENUTUP

Mungkin dari kerangka diatas anda bisa menjabarkan sendiri tentang isi dari bagian2 kerangka tersebut.

Perkembangan dokumenter dan genre-nya saat ini sudah sangat pesat dan beragam, tetapi ada beberapa unsur yang tetap dan penggunaannya; yakni unsur visual dan verbal yang biasa digunakan dalam dokumenter

Unsur Visual:
1.
Observasionalisme reaktif:
pembuatan film dokumenter dengan bahan yang sebisa mungkin diambil langsung dari subyek yang difilmkan. Hal ini berhubungan dnegan ketepatan observasi oleh operator kamera/sutradara.
2.
Observasionalisme proaktif:
Pembuatan film dokumenter dengan memilih materi film secara khusus sehubungan dengan observasi terdahulu oleh operator kamera/sutradara.
3.
Mode ilustratif:
Pendekatan terhadap dokumenter yang berusaha menggambarkan secara langsung tentang apa yang dikatakan oleh narator/
voice over
4.
Mode asosiatif:
Pendekatan dalam dunia dokumenter yang berusaha menggunakan potongan-potongan gambar dengan berbagai cara. Dengan demikian, diharapkan arti metafora dan simbolis ya

Unsur Verbal:
1.
Overheard exchange:
Rekaman pembicaraan antaradua sumber atau lebih yang terkesan direkam secara tidak sengaja dan secara langsung.
2.
Kesaksian:
Rekaman observasi, opini atau informasi, yang diungkapkan secara jujur oleh saksi mata, pakar dan sumber lain yang berhubungan dengan subyek dokumenter. Hal ini merupakan tujuan utama dari wawancara.
3.
Eksposisi:
Penggunaan voice over atau orang yang langsung berhadapan dengan kamera, secara khusus mengarahkan penonton yang menerima informasi dan argumen.

Sekilas tentang Multimedia

Print

Program Multimedia UBAYA merupakan salah satu program baru di Fakultas Teknik UBAYA yang akan dimulai pada tahun ajaran 2007-2008. Program ini mulanya merupakan salah satu konsentrasi di Jurusan Informatika, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah program dengan penambahan materi di bidang multimedia, desain grafis, animasi, pembuatan game interaktif, video dan audio editing, serta desain dan pemrograman website interaktif. Program Multimedia UBAYA menerima siswa SMU yang berasal dari jurusan IPA/IPS serta SMK yang relevan.

Mahasiswa Program Multimedia akan menempuh studi selama 4 tahun (masa studi normal) dan mempelajari 144 sks terdiri atas 120 sks matakuliah wajib dan 24 sks matakuliah pilihan. Materi-materi yang diajarkan diantaranya:

Multimedia Interaktif
Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif.

Desain Grafis
Merupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)

Animasi
Animasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.

Video dan Sound Editing
Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll).

Desain dan Pemrograman Website Dinamis
Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu.

Pembuatan Game Interaktif
Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.

Pemrograman Database
Pemrograman database akan mempelajari secara komprehensif mulai dari tahap awal sampai akhir pembuatan program komputer yang dihubungkan dengan database untuk dapat melakukan pencatatan, pencarian, pengubahan informasi serta analisa informasi dari data-data yang telah disimpan pada database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar